Senin, 30 November 2015

MENGENAL TOKOH ILMUAN



MENGENAL TOKOH

Auguste comte


Isidore marie auguste francois xavier comte (17 januari 1798 - 5 september 1857) adalah seorang ilmuan dari perancis yang dijuluki sebagai  “bapak sosiologi”. dia dikenal sebagai orang pertama yang mengaplikasikan metode ilmiah dalam ilmu sosial.comte melihat suatu hukum universal dalam semua ilmu pengetahuan yang kemudian ia sebut sebagai hukum tiga fase.melalui hukumnya ia mulai dikenal di seluruh wilayah berbahasa Inggris. Menurutnya, masyarakat berkembang melalui tiga fase, yaitu teologi,metafisika,dan tahap positif (atau sering juga disebut tahap ilmiah). Moto Ordeme progresso (order and progress) yang tertulis pada bendera brazil terinspirasi dari motto positivisme auguste comte yaitu L’amour pour principe et l’ordre pour base; le progress pour sebagai basisnya; proses sebagai tujuannya).kata-kata terseut dijadikan motto karena berdasarkan fakta,orang-orang yang melakukan kudeta militer yang kemudian menjatuhkan monarki dan memproklamasikan brazil sebagai republik adalah para pengikut pemikiran comte. Auguste comte wafat di Paris 5 September 1857 dan dimakamkan di Cimetiere du pere laschaise.

JOSEPH PRIESTLEY



            Terkenal karena menemukan oksigen. Pada saat bekerja di Leeds, Inggris, dia melakukan pekerjaan terhadap gas yang keluar dari kantong untuk peragian di tempat pembuatan bir disebelah rumahnya. Ia menemukan sepuluh macam gas. Keberhasilan priestley sebagai ahli kimia terutama karena kemampuan yang ia miliki untuk merancang peralatan yang efektif  dilaboratoriumnya. Priestley menggunakan kantung kemih babi sebagai tempat penampungan gas, seperti karbon dioksida yang ia gunakan untuk membuat air mineral buatan. Kantung kemih ini ia gunakan juga untuk menghitung berat gas yang ada di dalamnya. 

ALFRED NOBEL


            Kalian sering mendengar istilah hadiah nobel atau penghargaan nobel. Ya, nobel adalah hadiah atau penghargaan untuk para tokoh dunia yang berjasa dibidang fisika,kimia,fisiologi dan kedokteran,serta sastra dan perdamaian. Asal muasal penghargaan ini dalah atas prakarsa atau tempatnya wasiat seorang tokoh yang bernama Alfred nobel.
            Alfred nobel – penemu dinamit dan pemrakarsa hadiah nobel. Ketika nobel meninggal dunia dan meninggalkan harta yang banyak, ia berwasiat agar kekayaannya digunakan untuk orang yang berjasa bagi umat. Pelaksana wasiatnya adalah dua insinyur muda, Regnar Sohlman dan Rudolf Lilijequist yang mendirikan yayasan nobel untuk mengelola aset dan kekayaan nobel.
            Sikap nobel mewakafkan semua hartanya demi perkembangan ilmu pengetahuan dunia didorong oleh rasa pepnyesalan. Sebab dinamit temuannya justru banyak disalah gunakan manusia untuk memusnahkan sesama manusia. Padahal nobel menciptakan dinamit bukan dengan maksud dan tujuan seperti itu.
Testamen atau wasiat Alfred Nobel
            Alfred nobel lahir di Stockholm,swedia 21 oktober 1833. Sejak kecil ia sudah terbiasa bekerja keras dan gemar menimba ilmu. Minat utama nobel adalah dibidang sastra,kimia,dan fisika. Oleh ayahnya, nobel pernah dikirim ke luar negeri untuk belajar kimia.selama dua tahun,nobel mengunjungi swedia,Jerman,Prancis,dan Amerika serikat.Di paris ia bekerja di laboratorium kimiawan prancis terkenal,profesor T.J pelouze. Disini ia bertemu kimiawan italia yang tiga tahun terlebih dahulu menggunakan nitrogliserin,yakin cairan bahan peledak berdaya ledak tinggi.
            Pada tahun 1863,nobel berkonsentrasi pada pengembangan nitrogliserin sebagai bahan peledak. Namun justru bahan peledak inilah yang merengut nyawa adiknya, Emil dan para pekerja sehingga para pemerintah melarang percobaan ini di kota Stockholm. Nobel pindah ke danau Malaren dan memulai bahan produksi missal pada tahun 1864.
            Pada 1867 nobel mematenkan temuannya dengan nama dinamit. Ia juga mengembangkan sumbu ledak yang dapat dinyalakan dengan api. Usaha ini berkembang pesat. Ekspor nitrogliserin sampai keseluruh Eropa, Amerika,dan Australia. Ia mendirikan pabrik dan laboratorium di 90 tempat di lebih dari 20 negara. Ia pun banyak mendapat pujian dan penghargaan. Atas prestasinya itu,tahun 1893 nobel dapat gelar professor filsafat dari sebuah universitas di swedia.
            Selain sebagai penemu dan pengusaha dinamit, nobel juga dikenal sebagai sosok yang gemar menulis puisi, cerpen, dan drama. Ia pun sering disebut sastrawan.
            Nobel tak beristri hingga kematiannya pada 10 Desember 1896 di San Reno, italia. Ia meninggalkan harta yang banyak dan dalam surat wasiatnya disebutkan bahwa simpanannya digunakan untuk memberi penghargaan dalam pencapaian fisika, kimia, fisiologi, dan kedokteran, serta sastra dan perdamaian.penghargaan itulah yang kita kenal sekarang sebagai penghargaan nobel.

Post by:
·         Nur Fadhilah
·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar